Mengintip Rahasia Negara Vatikan: Negara Unik Kota Suci & Memiliki Segudang Fakta Menakjubkan yang Jarang Diketahui

Berita, Edukasi, Wisata164 Dilihat

Jayapura – Terletak di jantung kota Roma, Italia, terdapat sebuah negara kecil yang penuh dengan keajaiban dan mengintip rahasia Negara Vatikan. Negara ini, yang dikenal sebagai Vatikan, merupakan negara terkecil di dunia dengan luas hanya 44 hektare. Meskipun mungil, Vatikan menyimpan segudang fakta menarik dan menakjubkan yang jarang diketahui banyak orang.

Sejarah Singkat yang Kaya

Vatikan didirikan pada tahun 1929 setelah penandatanganan Perjanjian Lateran antara Italia dan Tahta Suci. Sebelumnya, wilayah Vatikan mencakup area yang lebih luas, termasuk Roma. Namun, batas-batasnya dipersempit hingga menjadi seperti yang kita kenal sekarang.

Fakta Geografis yang Unik

Dikelilingi tembok sepanjang 3 kilometer, Vatikan dijaga oleh Garda Swiss, pasukan elit yang bertugas melindungi Paus dan Tahta Suci.

Negara ini terletak di atas Bukit Vatikan, dengan ketinggian rata-rata 60 meter di atas permukaan laut. Vatikan juga memiliki beberapa taman yang indah, termasuk Taman Vatikan yang terkenal dengan keasriannya.

Pusat Pemerintahan Gereja Katolik

Vatikan dipimpin oleh Paus, yang merupakan kepala Gereja Katolik dan pemimpin tertinggi Vatikan. Pemerintahannya dijalankan oleh Kuria Romawi, yang terdiri dari para kardinal dan uskup. Vatikan memiliki sistem hukumnya sendiri, berdasarkan hukum kanonik.

Fakta Demografi yang Menarik

Populasi Vatikan sekitar 825 jiwa, mayoritas adalah pendeta dan biarawan/wati. Bahasa resminya adalah bahasa Latin, meskipun bahasa Italia juga banyak digunakan. Mata uang yang digunakan di Vatikan adalah Euro.

Kekayaan Budaya dan Sejarah

Vatikan merupakan pusat Gereja Katolik dan rumah bagi banyak situs suci, seperti Basilika Santo Petrus dan Kapel Sistina.

Negara ini terkenal dengan seni dan arsitekturnya yang luar biasa, termasuk karya Michelangelo dan Raphael. Vatikan juga memiliki beberapa museum seni dan sejarah yang terkenal di dunia, seperti Museum Vatikan dan Museum Kapel Sistina.

Fakta Menarik yang Mengagumkan

Selain fakta-fakta yang telah disebutkan di atas, Vatikan masih menyimpan banyak hal menarik lainnya. Negara ini memiliki tim sepak bola sendiri, yaitu ASV Vatikan, dan tim Pengawal Swiss yang terkenal dengan seragam berwarna-warni mereka. Vatikan juga memiliki stasiun pos, stasiun radio, dan bahkan helipadnya sendiri.

Vatikan adalah tempat yang unik dan menarik dengan sejarah, budaya, dan politik yang kaya. Bagi wisatawan yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang Gereja Katolik atau hanya ingin melihat beberapa seni dan arsitektur paling menakjubkan di dunia, Vatikan adalah tempat yang wajib dikunjungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *