Genjotan BI atas Digitalisasi di Papua, ERB Siap Sasar 32 Pulau 3T di Perairan Utara

Berita27 Dilihat

Jayapura – Genjotan BI atas digitalisasi di Papua fokus dalam perekonomian kali ini, fokus BI diarahkan pada wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) di perairan utara Papua.

Dalam rangka mempercepat inklusi keuangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut, BI berencana untuk memperluas jangkauan layanan Elektronik Rupiah (ERB) ke 32 pulau 3T di perairan utara Papua pada tahun 2024.

“Upaya ini merupakan bagian dari komitmen BI untuk mendukung program pemerintah dalam memajukan ekonomi di wilayah 3T,” ujar Deputi Gubernur BI, [Nama Deputi Gubernur], dalam keterangan resminya, Kamis (9/5/2024).

Implementasi ERB di wilayah 3T diharapkan dapat memberikan berbagai manfaat, di antaranya:

  • Meningkatkan inklusi keuangan: Masyarakat di wilayah 3T akan lebih mudah mengakses layanan keuangan, seperti transfer uang, pembayaran tagihan, dan pembelian barang dan jasa.
  • Memudahkan transaksi keuangan: Masyarakat tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah besar, yang berisiko tinggi dicuri atau hilang.
  • Mendorong pertumbuhan ekonomi: Transaksi keuangan yang lebih mudah dan efisien dapat mendorong pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UKM) di wilayah 3T.

BI telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Papua, dan pemerintah daerah, untuk memastikan kelancaran implementasi ERB di wilayah 3T.

“Kami juga akan memberikan edukasi dan pelatihan kepada masyarakat tentang penggunaan ERB,” tambah [Nama Deputi Gubernur].

Diharapkan dengan implementasi ERB, ekonomi di wilayah 3T akan semakin berkembang dan masyarakat di wilayah tersebut akan lebih sejahtera.

Tantangan dan Solusi

Meskipun memiliki banyak manfaat, implementasi ERB di wilayah 3T juga dihadapkan pada beberapa tantangan, seperti:

  • Keterbatasan infrastruktur: Kurangnya infrastruktur telekomunikasi di wilayah 3T dapat menghambat kelancaran implementasi ERB.
  • Tingkat literasi digital yang rendah: Masih banyak masyarakat di wilayah 3T yang belum familiar dengan teknologi digital.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, BI akan bekerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk:

  • Membangun infrastruktur telekomunikasi: BI akan mendorong pembangunan infrastruktur telekomunikasi di wilayah 3T, sehingga masyarakat di wilayah tersebut dapat mengakses internet dengan mudah.
  • Meningkatkan literasi digital: BI akan memberikan edukasi dan pelatihan kepada masyarakat tentang penggunaan teknologi digital, termasuk ERB.

Upaya BI untuk memperluas jangkauan layanan ERB ke 32 pulau 3T di perairan utara Papua merupakan langkah yang positif untuk meningkatkan inklusi keuangan, memudahkan transaksi keuangan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *