10 Trik Psikologi Menghipnotis lawan Bicara & Meningkatkan komunikasi

Edukasi242 Dilihat

JAYAPURA – Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku dan mental manusia. Trik psikologi adalah teknik atau strategi yang digunakan untuk mempengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku manusia. Trik psikologi dapat digunakan untuk berbagai tujuan, misalnya untuk meningkatkan komunikasi, interaksi sosial, atau bahkan untuk mempengaruhi orang lain. Berikut ini 10 Trik Psikologi Menghipnotis lawan Bicara:

1. Senyumlah sebelum mengangkat telepon

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One menemukan bahwa orang yang tersenyum sebelum mengangkat telepon terdengar lebih berharga dan meningkatkan kualitas apa yang mereka katakan. Hal ini karena senyuman dapat meningkatkan kepercayaan diri dan membuat Anda terdengar lebih ramah dan menarik.

Penjelasan:

Senyum adalah salah satu bentuk komunikasi nonverbal yang paling kuat. Senyum dapat menunjukkan rasa senang, kebahagiaan, dan ketertarikan. Ketika Anda tersenyum sebelum mengangkat telepon, Anda menunjukkan kepada lawan bicara bahwa Anda senang berbicara dengannya. Hal ini dapat membuat lawan bicara merasa lebih nyaman dan terbuka.

Tips:

  • Senyumlah secara alami dan tidak berlebihan.
  • Jika Anda merasa malu untuk tersenyum, cobalah untuk menyunggingkan bibir Anda.

2. Tatap mata lawan bicara

Tatap mata adalah salah satu bentuk komunikasi nonverbal yang paling penting. Tatap mata yang intens dapat menunjukkan rasa percaya diri, ketertarikan, dan perhatian. Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut dari seseorang, cobalah tatap matanya dengan tatapan tajam. Hal ini akan membuat orang tersebut merasa di bawah tekanan dan memaksanya untuk mengeluarkan informasi yang lebih banyak.

Penjelasan:

Tatap mata dapat menunjukkan ketertarikan dan perhatian Anda kepada lawan bicara. Ketika Anda menatap mata lawan bicara dengan tatapan tajam, Anda menunjukkan kepada mereka bahwa Anda benar-benar mendengarkan apa yang mereka katakan. Hal ini dapat membuat mereka merasa lebih nyaman dan terbuka untuk berbagi informasi.

Tips:

  • Tatap mata lawan bicara secara langsung dan hindari berkedip berlebihan.
  • Jika Anda merasa tidak nyaman untuk menatap mata lawan bicara, cobalah untuk menatap hidung atau bibir mereka.

3. Persilangan tangan

Persilangan tangan adalah salah satu bentuk bahasa tubuh yang paling umum. Persilangan tangan di dada menunjukkan sikap defensif atau tidak nyaman. Namun, jika Anda menyilangkan tangan saat berbicara dengan seseorang, dan lawan bicara juga menyilangkan tangannya, itu berarti mereka tertarik dengan percakapan tersebut.

Penjelasan:

Persilangan tangan adalah salah satu bentuk bahasa tubuh yang paling sulit untuk diartikan. Namun, secara umum, persilangan tangan di dada menunjukkan sikap defensif atau tidak nyaman. Hal ini karena persilangan tangan dapat menutupi dada, yang merupakan area tubuh yang rentan.

Tips:

  • Jika Anda ingin menunjukkan ketertarikan Anda kepada lawan bicara, cobalah menyilangkan tangan Anda di depan Anda.
  • Jika Anda merasa tidak nyaman untuk menyilangkan tangan, cobalah untuk menyilangkan kaki Anda.

4. Berikan pujian

Pujian adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan hubungan dengan orang lain. Pujian dapat membuat orang merasa dihargai dan dihormati. Jika Anda ingin membangun hubungan yang baik dengan seseorang, cobalah berikan pujian secara tulus.

Penjelasan:

Pujian dapat membuat orang merasa senang dan dihargai. Ketika Anda memuji seseorang, Anda menunjukkan kepada mereka bahwa Anda memperhatikan mereka dan Anda menghargai apa yang mereka lakukan. Hal ini dapat membantu Anda membangun hubungan yang positif dengan orang tersebut.

Tips:

  • Berikan pujian yang spesifik dan tulus.
  • Hindari memberikan pujian yang berlebihan atau dibuat-buat.

5. Dengarkan dengan aktif

Mendengarkan dengan aktif adalah keterampilan yang penting untuk komunikasi yang efektif. Ketika Anda mendengarkan dengan aktif, Anda menunjukkan kepada lawan bicara bahwa Anda tertarik dengan apa yang mereka katakan. Anda dapat menunjukkan bahwa Anda mendengarkan dengan aktif dengan menganggukkan kepala, membuat kontak mata, dan mengajukan pertanyaan.

Penjelasan:

Mendengarkan dengan aktif menunjukkan kepada lawan bicara bahwa Anda peduli pada apa yang mereka katakan. Hal ini dapat membuat mereka merasa lebih nyaman dan terbuka untuk berbagi informasi.

Tips:

  • Fokuslah pada apa yang dikatakan lawan bicara.
  • Jangan menyela atau mengomentari sebelum lawan bicara selesai berbicara.
  • Ajukan pertanyaan untuk menunjukkan bahwa Anda mendengarkan.

6. Gunakan nama lawan bicara

Menggunakan nama lawan bicara adalah salah satu cara yang efektif untuk menunjukkan perhatian dan rasa hormat. Ketika Anda menggunakan nama lawan bicara, Anda menunjukkan bahwa Anda telah memperhatikan mereka dan Anda peduli pada mereka.

Penjelasan:

Menyebut nama seseorang dapat menunjukkan bahwa Anda benar-benar memperhatikan mereka. Hal ini dapat membuat mereka merasa lebih nyaman dan terbuka untuk berkomunikasi dengan Anda.

Tips:

  • Pelajari nama lawan bicara

7. Berikan pilihan

Memberikan pilihan kepada seseorang adalah cara yang efektif untuk membuat mereka merasa memiliki kontrol. Ketika Anda memberikan pilihan, Anda menunjukkan kepada orang tersebut bahwa Anda menghargai pendapat mereka.

Penjelasan:

Memberikan pilihan dapat membuat orang merasa dihargai dan dihormati. Hal ini dapat membantu mereka merasa lebih nyaman dan terbuka untuk bekerja sama dengan Anda.

Tips:

  • Tawarkan pilihan yang realistis dan dapat dipilih.
  • Hindari memberikan pilihan yang terlalu sulit atau tidak relevan.

8. Buat janji

Membuat janji adalah cara yang efektif untuk menjaga komunikasi tetap berjalan. Ketika Anda membuat janji, Anda menunjukkan kepada orang tersebut bahwa Anda peduli pada mereka dan Anda ingin tetap berhubungan.

Penjelasan:

Membuat janji dapat menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda serius dalam hubungan Anda dengan mereka. Hal ini dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih kuat dan lebih bermakna.

Tips:

  • Buatlah janji yang spesifik dan realistis.
  • Laksanakan janji Anda dengan tepat waktu.

9. Mintalah bantuan

Meminta bantuan adalah cara yang efektif untuk menunjukkan kerendahan hati dan membangun hubungan. Ketika Anda meminta bantuan, Anda menunjukkan kepada orang tersebut bahwa Anda menghargai mereka dan Anda percaya pada mereka.

Penjelasan:

Meminta bantuan dapat menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda tidak takut untuk mengakui bahwa Anda membutuhkan bantuan. Hal ini dapat membantu Anda membangun hubungan yang saling percaya dan saling menghormati.

Tips:

  • Mintalah bantuan yang spesifik dan realistis.
  • Berikan apresiasi atas bantuan yang diberikan.

10. Bersikaplah positif

Sikap positif dapat menular. Ketika Anda bersikap positif, Anda membuat orang lain merasa nyaman dan senang berada di sekitar Anda.

Penjelasan:

Sikap positif dapat membuat orang lain merasa lebih bahagia dan lebih optimis. Hal ini dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih kuat dan lebih menyenangkan.

Tips:

  • Fokuslah pada hal-hal positif dalam hidup.
  • Hindari mengeluh atau bersikap negatif.

Trik-trik psikologi di atas hanyalah beberapa contoh yang dapat Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Penting untuk diingat bahwa trik-trik ini tidak selalu efektif untuk semua orang. Namun, jika Anda menggunakannya dengan bijaksana, trik-trik ini dapat membantu Anda meningkatkan komunikasi dan interaksi sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar