Kabasarnas Berpesan kepada Personel SAR Jayapura: Utamakan Keselamatan Diri dan Orang Lain

Berita, Nasional464 Dilihat

Warta Jayapura – Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas), Marsekal Madya TNI Kusworo, melakukan kunjungan kerja ke Kantor Perncarian dan Pertolongan (SAR) Jayapura, Rabu (22/11).

Dalam kunjungannya, Kusworo memberikan arahan kepada seluruh personel SAR Jayapura dan mengecek sejumlah peralatan milik SAR Jayapura.

Kusworo mengatakan bahwa kunjungannya ke Kantor SAR Jayapura bertujuan untuk melihat secara langsung sarana prasarana yang dimiliki, aset yang ada, dan kesiapan operasi personel SAR itu sendiri.

“Saya dapat penjelasan dari Kakansar Jayapura bahwa sarana dan prasarana relatif tersedia secara umum, walaupun terbatas operasi SAR tetap berjalan baik,” kata Kusworo.

Kusworo mengatakan bahwa untuk meningkatkan profesionalisme anggota SAR, tentunya harus didukung dengan peralatan yang ada baik di laut, darat dan udara maupun pada saat penanganan bencana.

“Masalah aset yang ada di SAR Jayapura ini ada beberapa yang harus ditindaklanjuti ke pusat seperti aset mes yang saat ini masih terbatas dan juga masalah pos yang tergantung pada pemerintah daerah,” kata Kusworo.

Kusworo mengaku bahwa untuk fasilitas yang perlu didukung dalam operasi SAR di Papua adalah alusista udara (helikopter) yang saat ini hanya ada di pusat dan terbatas.

“Kalau saya lihat di Papua alut udara diperlukan ya, termasuk dengan alat pendeteksi bagunan runtuh, namun pengadaanya masih sangat terbatas,” kata Kusworo.

Kusworo berpesan kepada personel SAR Jayapura agar meningkatkan profesionalisme ketika melakukan operasi dengan mengutamakan keselamatannya.

“Personel SAR harus profesional dalam melaksanakan tugasnya, mengutamakan keselamatan diri dan orang lain,” kata Kusworo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *